9bufzm9q8n bright blue orange bold geometric choice board education website 11
Hal Yang Harus Dilakukan Saat Karyawan Resign

Alasan mengapa seorang karyawan mungkin meninggalkan pekerjaan Anda tidak ada habisnya dan tanpa henti menantang Anda sebagai perekrut. Apa pun alasan karyawan mengundurkan diri, berikut adalah prosedur yang direkomendasikan kepada perekrut untuk menangani pengunduran diri karyawan dengan bermartabat, profesional, dan anggun.​ Anda dapat belajar dari langkah-langkah yang direkomendasikan ini.

Hal Yang Harus Dilakukan Saat Karyawan Resign

Mengapa Karyawan Mengundurkan Diri Dari Pekerjaan Mereka?

Bahkan perekrut terbaik memiliki karyawan yang mengundurkan diri. Walaupun lingkungan kerja Anda atau hubungan karyawan anda positif, karyawan tetap mengundurkan diri karena alasan yang berada di luar kendali Anda. Terkadang mereka mengundurkan diri karena alasan yang di luar kendali langsung mereka juga.

Mereka mengundurkan diri untuk pekerjaan baru dan peluang yang lebih baik untuk kemajuan. Mereka mengundurkan diri untuk kembali ke sekolah atau pindah ke luar negeri. Mereka mengundurkan diri ketika pasangan mereka mengambil pekerjaan di negara bagian lain di bidang pekerjaan yang sulit ditemukan. Mereka pergi karena mereka menginginkan lebih banyak uang daripada yang mampu Anda bayar. Mereka juga pergi jika mereka memiliki anak sehingga mereka dapat pindah ke daerah dengan sekolah yang lebih baik atau di mana keluarga mereka dapat mendukung mereka karena anak-anak membutuhkan perawatan dan pertumbuhan.

Alasan mengapa seorang karyawan mungkin meninggalkan pekerjaan Anda tidak ada habisnya dan tanpa henti menantang Anda sebagai perekrut. Apa pun alasan karyawan mengundurkan diri, berikut adalah prosedur yang direkomendasikan kepada perekrut untuk menangani pengunduran diri karyawan dengan bermartabat, profesional, dan anggun.​ Anda dapat belajar dari langkah-langkah yang direkomendasikan ini.

Apa yang Harus Dilakukan Manajer Saat Karyawan Mengundurkan Diri?

Karyawan akan sering memberi tahu manajer mereka terlebih dahulu ketika mereka mengundurkan diri dari pekerjaan mereka—biasanya ini adalah orang yang paling dekat dengan mereka. Manajer perlu menginformasikan kepada karyawan bahwa langkah pertama dalam proses pengunduran diri adalah dengan mengirimkan surat pengunduran diri ke bagian Sumber Daya Manusia. Ini memberi perekrut dokumentasi resmi tentang pengunduran diri karyawan untuk arsip personalia.

Ini memicu semua peristiwa akhir pekerjaan yang diperlukan dalam pemutusan hubungan kerja. Bos perlu segera menghubungi HR untuk merencanakan karyawan pengganti. Atau, untuk melihat struktur departemen dan bagaimana pembagian pekerjaan untuk menentukan langkah terbaik selanjutnya sering kali merupakan solusi ketika seorang karyawan mengundurkan diri.

Bagaimana Bertindak Saat Karyawan Mengundurkan Diri Dari Pekerjaannya

Apa pun alasannya pengunduran diri karyawan, pekerjaan anda adalah bertindak dengan anggun, bermartabat, dan profesional. Ucapkan selamat kepada karyawan jika kesempatan itu terdengar seperti promosi atau langkah peningkatan karier lainnya bagi mereka.

Bekerja dengan manajer karyawan dan rekan kerja untuk memastikan bahwa pesta perpisahan yang sesuai dijadwalkan atau ada kesempatan untuk berbagi kenangan dan minuman di kedai lokal atau secangkir kopi di kedai kopi. Sebaiknya kenangan terakhir setiap karyawan tentang perusahaan Anda positif dan profesional. Hal ini agar karyawan merasa seolah-olah dia memiliki kesempatan khusus saat bekerja dengan organisasi Anda.

Selama ini, inilah cara menangani dengan detail saat seorang karyawan mengundurkan diri.

Periksa Daftar Pekerjaan Terakhir Karyawan

Setelah Anda menerima surat pengunduran diri resmi dari karyawan tersebut, bekerjasamalah dengan atasan karyawan tersebut untuk memastikan bahwa dua minggu terakhir karyawan tersebut tetap positif dan berkontribusi. Jika karyawan tersebut telah memberikan pemberitahuan dua minggu yang standar dan diharapkan, terdapat cukup waktu untuk menyelesaikan pekerjaan karyawan tersebut.

Untungnya, ini adalah situasi yang jarang terjadi, jadi Anda biasanya memiliki kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaan karyawan tersebut dan menyerahkan pekerjaan tersebut kepada karyawan lain saat Anda memulai rekrutmen untuk pengganti karyawan tersebut.

Atau Anda dapat memikirkan kembali organisasi pekerjaan dan departemen secara keseluruhan. Pengunduran diri karyawan juga merupakan kesempatan untuk merestrukturisasi bagaimana pekerjaan diselesaikan di departemen dan oleh siapa.

Hal Akhir Yang Harus Dikerjakan dalam Proses Pengunduran Diri Karyawan

1. Merencanakan rekrutmen karyawan pengganti
2. Mengadakan wawancara keluar dengan karyawan yang melakukan pemutusan hubungan kerja
3. Melakukan pemeriksaan daftar pekerjaan terakhir karyawan.
4. Mengatur pengiriman gaji terakhir karyawan.
5. Memastikan bahwa karyawan memberi Anda informasi terbaru tentang alamat mereka sehingga Anda dapat mengirim dokumen tindak lanjut apa pun.
6. Adakan acara perpisahan yang disebutkan di atas.

17 Juni 2022
Related Articles
301bhfk4le hr event 1
14 November 2022
HR Staff Preparation Class

Apakah kamu ingin mempersiapkan diri menjadi staff HR yang baik? Yuk ikuti event berikut!

34imtc5u1k pexels vlada karpovich 4050320
14 Februari 2023
Gen Z Pilih Resign Demi Mental Health?

Gaji tidak sesuai serta lingkungan yang toxic menjadi alasan Gen Z memilih resign. Bahkan banyak yang membahass bahwa Gen Z generasi yang rapuh? Apakah benar? Simak ulasan berikut ini.